Monday, October 14, 2013

Profil Puskesmas Pleret 2013 BAB I

BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG

Gambaran masyarakat Indonesia di masa depan merupakan tujuan utama pembangunan kesehatan yang tercantum dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN) yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal sebagai bagian dari peningkatan kesejahteraan secara umum.
Upaya kesehatan berkembang kearah kesatuan upaya untuk seluruh masyarakat dengan peran serta masyarakat secara aktif dan mencakup upaya peningkatan (promotif), pencegahan (preventif), penyembuhan (kuratif) dan pemulihan (rehabilitatif). Di era desentralisasi ini, penyelenggaran puskesmas ditetapkan sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesehatan, oleh karena itu puskesmas mempunyai kewajiban melaksanakan tugas-tugas teknis operasional dengan pengendalian dan pembinaan dari Dinas Kesehatan.
Puskesmas merupakan pusat pengembangan, pembinaan, dan pelayanan kesehatan masyarakat yang juga merupakan pos terdepan dalam pembangunan kesehatan masyarakat berfungsi melaksanakan tugas teknis dan administratif.
Puskesmas adalah suatu organisasi kesehatan fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat disamping memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok dan usaha kesehatan integrasi yang kegiatannya merupakan kegiatan lintas sektoral. Puskesmas mempunyai wewenang dan tanggung jawab atas pemeliharaan kesehatan masyarakat diwilayah kerjanya.



B.    TUJUAN

Tujuan disusunnya profil Puskesmas Pleret Tahun 2012 adalah :
a.       Tujuan Umum
Masyarakat mengetahui gambaran Puskesmas Pleret secara keseluruhan baik struktur organisasi, berbagai program yang dilaksanakan serta berbagai bentuk pelayanan kesehatan yang dilakukan.

b.      Tujuan Khusus
1)      Mengetahui hasil pencapaian  setiap program kesehatan yang dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Pleret selama tahun 2012.
2)        Mengetahui apakah setiap program kesehatan yang telah dilaksanakan dapat mencapai target serta indikator yang ditetapkan.
3)            Mengetahui gambaran situasi kesehatan serta berbagai masalah-masalah kesehatan yang ada di wilayah kerja Puskesmas Pleret pada tahun 2012.
     
Diharapkan dengan disusunnya Profil Puskesmas Pleret Tahun 2013 dapat memberikan gambaran yang jelas tentang situasi kesehatan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Pleret. Serta dapat digunakan dalam penyusunan rencana pembangunan kesehatan dan perencanaan kegiatan selanjutnya.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About